Hai sobat Camargus pencinta dunia mesin! Pada artikel ini penulis mencoba memaparkan apa yang dimaksud dengan bore up dan stroke up. Kegunaan dalam bore up maupun stroke up ini adalah untuk meningkatkan cc mesin sehingga mesin lebih bertenaga, namun dengan meningkatnya tenaga yang dihasilkan maka bahan bakar yang digunakan akan lebih banyak. Pabrikan setiap mesin mobil maupun mesin motor menyediakan kekuatan mesin secara standar yang telah ada. Namun pada mesin motor atau mobil balap komponen yang standar diubah menjadi tidak standar demi menghasilkan cc yang besar.
Bore up mesin adalah upaya memperbesar kapasitas mesin dengan mengganti atau memperbesar ukuran piston dari yang standar dengan piston yang berdiameter lebih besar. Standar pabrikan motor banyak juga yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran yang lebih besar dengan istilah piston oversize. Pabrikan yang mengeluarkan piston oversize ini biasanya hanya menyediakan ukuran diameter lebih besar dari standarnya dengan rentangan 0,5 mm sampai dengan 3 mm. Untuk mesin mobil seperti Daihatsu Xenia dan HONDA CIVIC pernah dilakukan bore up dan hasilnya memberikan kepuasan kepada sang pemilik mobil tersebut
Stroke up adalah upaya menaikkan langkah piston dengan cara merubah posisi poros piston di kruk as (big end) agar jarak untuk naik turun nya psiton (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. Mengganti stang piston dengan stang yang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros big end tak berubah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Bore up Yamaha MX 135 cc .: RAT MOTORSPORT INDONESIA :.
Assalamuallaikum warrahmatullah, Bersyukur kita masih bisa bergembira berbagi ceria dalam memodifikasi mesin motor, kali ini Bore Up menj...
-
Assalamuallaikum warrahmatullah, Bersyukur kita masih bisa bergembira berbagi ceria dalam memodifikasi mesin motor, kali ini Bore Up menj...
-
Alhamdulillah , Riset terus berlanjut – setelah sebelumnya sang pemilik hanya ingin mengandalkan 150cc dan klep standard dan sudah tembus...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar