Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua di perjalanan sampai ke tujuan
Beberapa artikel yang lalu, kita pernah membahas mengenai satria fu yang bertenaga 30 hp, mungkin saja ada pemilik (rider) cb150r bertanya2,
“Kira2 cb150r bisa nggak mencapai lebih dari 30 hp ?” …Jawabannya pasti bisa bro
Apalagi pernah dibuktikan dalam race di sentul, yang mana saat itu cbr150 mampu mengimbangi Ninja 250 dan Ninja 150 (2 tak), dalam kelas FFA 250cc. Padahal cbr150 sebelumnya baru mengikuti race 4-tak 150 cc, jadi volume cbr150 tersebut masih 150cc dan mesinnya dalam keadaan “lelah” setelah race sebelumnya. Kalau cbr150 saja bisa, tentunya cb150r juga bisa, karena basis engine-nya sama persis. Mari kita mulai dari performa standar cb150r (stock).
Dengan mempertimbangkan variabel std engine cb150r :
- Bore = 63.5 mm = 2.5 inch
- Stroke = 47.2 mm = 1.8583 inch
- Rpm power maks = 10000
- Power pada 10000 rpm = 17 ps = 16.76 hp
Maka performa cb150r std adalah seperti gambar berikut:

Terlihat nyata sekali (kotak warna hijau) bahwa variabel2 lain yang menentukan kinerja (power cb150r) benar dikebiri. Variabel yang dikebiri (downgrade abis2an) adalah :
- Air factor = 0.9 atau AFR = 13.23, mendekati stoichiometric. Harusnya kalo mau buat balap maka harus dibuat sedikit boros pada AFR =12.6, atau air factor = 0.857
- Efisiensi volumetrik (VE) hanya sekitar 80%, bener std. Untuk kepentingan balap maka VE bisa ditingkatkan menjadi 110%, nilai ini masih dibawah VE pro-race yang mencapai 125%.
- Dengan diameter klep-in 24.5mm, gas speed yang diterapkan pada cb150r cuma 190 ft/s, dan ini di bawah kondisi std yang mencapai 200 ft/s. Jika ingin digunakan buat race maka gas speed nya harus disekitar 235-260 ft/s, misalnya kita terapkan saja gas speed nya pada 250 ft/s = 76.2 m/s, maka power maksimum bisa digapai pada 13158 rpm (bisa dibulatkan menjadi 13200 rpm). Dan gas speed sebesar itu masih di bawah gas speed yang diterapkan dalam bebek road race yang berkisar 80-100 m/s.

Dan pada 13158 rpm ini piston speed nya masih aman yaitu 20.7 m/s (masih di bawah 21 m/s)

Baik sekarang kita tetapkan karakter cb150r racing dengan variabel baru yang sudah di-upgrade, yaitu
- VE = 110 %
- Rpm = 13158
- Air factor = 0.85
Maka dengan variabel ini, performa yang dihasilkan oleh engine cb150r adalah = 32.11 hp =32.57 ps.

Lalu untuk mencapai ini bagaimana ?
Banyak yang harus dilakukan, yaitu
- Mengoptimalkan profil camshaft.
- Memaksimalkan ukuran klep-in dan klep-ex .
- Men-tune panjang runner + pemasangan velocity stack + PnP.
- Menata ruang bakar untuk menghasilkan swirl yang maksimum, juga untuk mengatur CR, disesuaikan dengan bahan bakar yang digunakan. Karena terjadi peningkatan VE, maka dapat dipastikan CR-nya juga meningkat..
- Dengan menggunakan data no.1 (optimasi profil camshaft), dimensi panjang dan lebar pipa knalpot (exhaust header) harus ditata ulang.
- Penataan ulang (remapping) waktu pengapian, intensitas injector dan limiter rpm dinaikkan sampai 14000rpm.
- Karena tenaga dan rpm sudah sangat tinggi, maka per klep, kampas+per kopling, oli, radiator dan lain-lain yang masih std sudah nggak kuat lagi, sudah waktunya diganti versi racing.
Dengan ubahan yang seperti ini ditambah dengan fairing agar lebih aerodinamis, maka kecepatan yang dapat diraih dengan mudah dengan menggunakan rasio std mencapai = 166.3 kpj.
Semua ubahan di atas dilakukan dengan tetap mempertahan kapasitas silinder 150cc. Jika menggunakan paket bore-up 165 cc, maka pencapaian power-nya akan bisa lebih tinggi lagi.
Sementara sampai disini dulu, insya Allah akan dilanjutkan dengan artikel2 lainnya. Mohon maaf kalo ada salah dan kelirunya, bagi suhu2 yg lebih kompeten, mohon saran dan koreksinya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar